Social Icons

Sejarah Kaos Raglan

Kaos Raglan adalah sejenis kaos yang memiliki keunikan berupa potongan diagonal  yang berbeda warna pada bagian lengan. Jenis kaos raglan ini ada beberapa macam, diantaranya kaos raglan lengan pendek, kaos raglan lengan tiga perempat dan kaos raglan lengan panjang.
Model kaos raglan ini banyak digunakan sebagai pakaian untuk berlatih saat berolah raga, khususnya baseball. Oleh karena itu, kaos raglan biasa juga disebut dengan kaos baseball.

Nama raglan diambil dari nama seorang prajurit Inggris yaitu FitzRoy James Henry Somerset yang berasal dari sebuah desa kecil di Inggris yang bernama Raglan. Pada suatu peperangan antara Inggris dengan negara Perancis, yang dikenal dengan perang Waterloo (The Battle of Waterloo), beliau terkena lima tusukan pada lengannya. Akibat luka tersebut lengan beliau harus diamputasi.

Walaupun kehilangan satu tangan, sang prajurit tidak patah semangat. Beliau segera belajar untuk menulis dengan tangan kirinya, dan kembali berkarir sebagai administratif di pemerintahan Kerajaan Inggris. Berkat jasa-jasanya semasa perang, kerajaan Inggris memberinya gelar “The 1st Baron of Raglan” atau baron dari desa Raglan yang pertama. Baron adalah gelar kehormatan yang diberikan Kerajaan Inggris pada orang yang dianggap berjasa bagi negara.

Kehilangan satu tangan tidak membuat Sang Baron putus asa. Bahkan beliau bangga karena telah mengabdi kepada negaranya dan tidak berusaha menutupi kekurangan fisik tersebut. Semasa hidupnya, beliau sering menggunakan mantel atau jas penutup dengan model jahitan tangan yang mirip dengan kaos raglan yang ada sekarang ini.

Atas dasar tersebut, model kaos raglan yang kita kenal sekarang ini, diberi nama “Kaos Raglan” sebagai penghormatan kepada FitzRoy James Henry Somerset alias The 1st Baron of Raglan.

Sumber : kaos kata
 

Sample text

Sample Text

Sample Text